Thursday, 6 January 2011

Menang Voting Telak, Indonesia Masuk Dewan International Telecommunication Union di PBB

Posisi  Indonesia beberapa dekade belakangan ini semakin mantap dipandangan dunia Internasional, itu terlihat dari banyak kepercayaan Internasional yang telah di amanahkan ke Indonesia di organisasi kelas dunia, kali ini Indonesia kembali  berperan penting dalam hal membuat regulasi dan lisensi di bidang telekomunikasi seperti lisensi posisi satelit, frekuensi internasional dan roaming internasional.

Indonesia terpilih menjadi salah satu anggota Dewan International Telecommunication Union (ITU) periode 2010-2014. Indonesia mendapat dukungan 135 suara dari 157 negara yang memberikan suara dalam Konferensi salah satu badan Perserikatan Bangsa-bangsa ini  beberapa waktu  yang lalu.

Indonesia terpilih dengan meraih poin tertinggi dari seluruh suara anggota Dewan dalam sidang ITU plenipotentiary Conference 2010,

"Syukur alhamdulillah, kita bahkan mampu mengungguli suara negara-negara besar seperti China, India, Jepang dan Australia," ujar Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informasi yang memimpin rombongan Indonesia.


Indonesia tergabung dalam region E di mana ada 17 negara yang memperebutkan 13 kursi anggota Dewan , namun pemilihan dilakukan seluruh anggota ITU yang berjumlah 192 negara. Sidang pemilihan ini dipimpin langsung oleh chairman PP10 Fernando Borjon dari Meksiko


Usai pemilihan, ucapan selamat berdatang dari Ghana, Rusia, Nigeria, Jepang, dan lain-lain. Bahkan Sekretaris Jenderal ITU Hamadoun Toure mendatangi khusus ke kursi tempat delegasi Indonesia untuk mengucapkan selamat.


"Terima kasih kepada semua tim dan para operator telco yang terlibat, khususnya kepada Tim Telkom yang jadi panitia resepsi Indonesia," kata Tifatul di rilisan Vivanews.com


Kesuksesan menjadi anggota dewan ITU ini adalah melalui perjuangan yang panjang. Sejak setahun lalu, sudah dimulai surat-menyurat untuk saling mendukung kandidat pemilihan. Kampanye, lobi bahkan keberadaan Tifatul selama tiga hari di Guadalajara sangat dioptimalkan untuk lobi. Puncak kampanye adalah acara Indonesia Reception pada Jumat 8 Oktober yang dihadiri 700 orang.


ITU adalah salah satu badan PBB yang berwenang membuat regulasi dan lisensi di bidang telekomunikasi seperti lisensi posisi satelit, frekuensi internasional, roaming internasional.
Share

1 comments:

SATU CINTA SATU DINDA said...

indonesia negara yang besar dan terpercaya..

Post a Comment

Berita Terkait: