Wednesday, 2 March 2011

Hasil Rapat FIFA 1 Maret, Tidak Ada Sanksi Untuk PSSI

Kecemasan PSSI, Pemerintah dan Masyarakat Indonesia akan ancaman sanksi dari FIFA akibat kemelut yang sedang dialami organisasi persepakbolaan Indonesia dengan pemerintah kini dapat bernafas lega, pasalnya FIFA dalam hasil rapat kemarin 1 maret di swiss, sepakat tidak menjatuhkan sanksi apapun kepada PSSI. sebelumnya sempat terdengar isu bahwa FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI dan membekukan seluruh kegiatan Internasional sepakbola Indonesia, termasuk tidak menyelenggarakan cabang sepakbola di ajang Sea Games 2011 mendatang di Palembang.

Seperti yang dilansirkan Bola.net : PSSI berhasil meyakinkan FIFA untuk tidak menjatuhkan sanksi terkait kemelut induk organisasi sepakbola nasional itu dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

FIFA menggelar Sidang Komite Asosiasi di Zurich, Swiss, kemarin (1/3) dengan salah satu agenda membahas gejolak yang terjadi di PSSI. Pemerintah melalui Menpora Andi Mallarangeng dianggap melakukan intervensi kepada Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan Komite Eksekutif PSSI untuk mengoreksi keputusan hasil verifikasi bakal calon ketua umum PSSI.

Bila dianggap intervensi, FIFA bisa menjatuhkan sanksi terhadap PSSI. Sesuai Statuta FIFA, asosiasi sepak bola anggota FIFA harus bebas dari campur tangan pihak ketiga, termasuk pemerintah. Ketua Umum PSSI Nurdin Halid pada rapat dengar pendapat di DPR kemarin (1/3/11) mengatakan PSSI tidak menyebutkan adanya intervensi pemerintah. Hal tersebut juga disampaikan Dali Taher, wakil PSSI pada sidang FIFA di Zurich.

FIFA sendiri akhirnya meminta PSSI menggelar Kongres Pemilihan atau Kongres Luar Biasa selambat-lambatnya 18 pekan ke depan untuk memilih anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015. FIFA juga meminta PSSI terus memberi laporan atas perkembangan yang terjadi di Indonesia melalui email.



Share

0 comments:

Post a Comment

Berita Terkait: