Thursday, 12 May 2011

Heboh.. Penemuan Jarum Akupuntur Di Tubuh Mantan Presiden Korea Selatan


Akupuntur adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik ini di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupuntur (Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik) dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia. (wikipedia)

Teknik akupuntur tidak bisa dilepaskan dengan penggunaan jarum pada prakteknya. Juga teknik akupuntur harus dilakukan oleh orang yang ahli, apabila ditangani oleh orang sembarangan berarti bahaya bagi seorang pasien. seperti inilah akibat teknik akupuntur di tangani bukan ahli, Mantan Presiden Korea Selatan. Ikuti beritanya dibawah hasil lansiran vivanews.com.

Sebuah jarum akupuntur sepanjang tujuh centimeter ditemukan di paru-paru Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel), Roh Tae Woo. Tidak ayal, penemuan ini menggegerkan dunia pengobatan alternatif negeri ginseng tersebut.

Dilansir dari laman Joongang Daily, Kamis, 12 Mei 2011, jarum tersebut ditemukan bulan lalu oleh dokter yang tengah memeriksa batuk parah yang diderita Roh. Akhirnya, melalui sebuah operasi, jarum tersebut berhasil dicabut dari tubuh lelaki berusia 78 tahun itu.

Dilaporkan, jarum itu ditancapkan oleh seorang ahli akupuntur yang tidak memiliki izin resmi dari Asosiasi Pengobatan Oriental Korsel (AKOM). Menurut pernyataan dari AKOM, pelaku yang tidak disebutkan namanya itu adalah murid dari ahli akupuntur terkemuka Korsel, Kim Nam-soo, 96.

Berdasarkan hasil penyelidikan, jarum yang berhasil dikeluarkan dari paru-paru sebelah kanan Roh adalah tipe jarum yang digunakan untuk latihan di pusat latihan akupuntur Tmsarang, yaitu jarum yang menyerupai pipa. Menurut AKOM, jarum tipe ini jarang digunakan untuk akupuntur. Sebagian besar ahli akupuntur menggunakan jarum berbentuk kumparan.

Kim, tulis AKOM, sebenarnya juga bukan merupakan ahli akupuntur yang resmi. Kim oleh asosiasi ini dinyatakan belum kompeten, karena walaupun Kim memiliki izin untuk melakukan akupuntur, namun dia belum mengantongi izin moxibustion. Moxibustion adalah ilmu memanaskan jarum menggunakan asap tetumbuhan atau moxa.

Kim menjadi terkenal sejak melakukan praktek tusuk jarum kepada mantan Presiden Kim Young-sam. Kini dia telah pensiun dari dunia akupuntur dan hanya bekerja sebagai pengajar.

Atas insiden ini, AKOM mendesak pemerintah untuk menutup sarana pengobatan alternatif ilegal dan melarang penjualan jarum akupuntur kepada publik yang bukan praktisi.


Share

1 comments:

ren he tang said...

heran...kenapa presiden mau ditusuk jarum oleh orang yang belum kompeten...

Post a Comment

Berita Terkait: