Sunday, 5 June 2011

Ahli Hipnotis Pingsan, Relawan Tertitur Di Panggung Sedang Dihipnotis


Hipnosis adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory) Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek disebut hipnotis (bahasa inggris:hypnotist). 

Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnosis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugesti. Sugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang hipnotis di hadapan subjek, atau mungkin dilakukan sendiri oleh subjek (Self-hipnosis). Penggunaan hipnosis untuk terapi disebut hipnoterapi, sedangkan penggunaannya sebagai bentuk hiburan bagi penonton dikenal sebagai Stage hipnosis.(wikipedia)

Stage hipnotis atau hipnotis hiburan lebih dikenal daripada hipnotis terapi, banyak pertunjukan hipnotis di tv-tv yang mengawali hipnotis dengan sugesti tidur. Menjadi pertanyaan besar, apakah orang tidur akibat hipnotis bisa dibangunkan oleh orang lain?? cerita di bawah mungkin bisa menjadi jawaban tersebut.

Lansiran Media Indonesia di laporkan dari BBC Minggu (5/6): Tiga penonton yang menjadi relawan larut tertidur dalam hipnotis di panggung setelah tukang hipnotis yang menghinotis mereka tiba-tiba pingsan saat pertunjukan di Dorset, Inggris.

A
hli hipnotis David Days tengah menunjukkan kemampuan hipnotisnya dalam pagelaran pada Jumat (3/6), ketika kakinya tersandung kaki salah seorang relawan dan jatuh pingsan.

Tim pendukung sang tukang hipnotis tidak bisa menyadarkan dia dan ketiga relawan. Penonton pun diminta meninggalkan teater tempat atraksi berlangsung, sementara empat orang tersebut masih "tertidur" di panggung.


Mereka yang tidak sadarkan diri akibat pengaruh hipnotis itu baru "tersadar" setelah Days siuman dan membangunkan orang-orang yang sebelumnya dia hipnotis di panggung.


Si tukang hipnotis kemudian menulis di halaman akun
Facebook: "Saya ingin beritahukan kepada para penggemar saya bahwa saya benar-benar sehat walafiat".

"Sedikit lecet, tapi itu saja. Terimakasih atas dukungan Anda malam ini. Ini tadi pertunjukan hebat dengan beberapa relawan yang hebat," tambahnya di
Facebook.

Orang-orang yang menjadi relawan untuk dihipnotis oleh David Days adalah anggota sebuah grup musik pop. Mereka tidak memerlukan perawatan, kata Tara Nix, manajer David Days.


Menurut Nix, sebenarnya ada rekaman suara David Days yang bisa digunakan untuk membangunkan orang dari hipnotis.


"Ada tiga orang tertinggal di panggung. Tetapi kami selalu memiliki tape cadangan dan ahli hipnotis cadangan untuk turun tangan jika diperlukan," kata Nix.


"Untungnya, tidak terlalu lama kemudian dia pulih...," katanya.


"Terus terang saya rasa ini kali pertama yang pernah menimpa ahli hipnotis," tambahnya.


Salah seorang penonton, Fiona Faye, mengatakan: "Dia (David Days) diturunkan dari panggung dan terdengar keributan dari beberapa orang di belakang layar panggung, termasuk orang yang lari ke sisi lain panggung untuk mengambil kotak P3K."


"Mula-mula penonton, termasuk kami, menganggap ini sangat lucu dan mengira ini bagian dari atraksi. Tetapi setelah berjalan beberapa saat kami mulai menyadari ini bukan bagian dari pertunjukan dan dia memang terluka," tutur Faye.


"Pada saat itu kami menjadi sangat khawatir tidak hanya soal David Days, tapi juga para tamu di panggung yang tidak sadar sedikit pun, sebab mereka masih dihipnotis," ujarnya.


"Mereka hanya duduk di sana 'terlelap'," katanya.

 
Share

0 comments:

Post a Comment

Berita Terkait: